Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

news

Dibuka Hotline Penyalahgunaan Dana BOS

Written By http:// alhasyi.blogspot.com on Selasa, 22 Mei 2012 | 04.39

PADANG PANJANG - Pemerintah Kota Padangpanjang, membuka pengaduan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari masyarakat dengan nomor (0752) 82 156 guna mewujudkan transparansi pemanfaatan BOS di daerah itu.
“Kami akan buka pengaduan dari masyarakat, terkait pemanfaatan dana BOS di Kota Padangpanjang dalam upaya menjawab kebutuhan masyarakat terhadap transparansi,” demikian disampaikan  salah satu pengawas sekolah Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, Drs. Dalius, Jumat (16/3/2012).
Dia mengatakan, nomor  call center  itu menerima pengaduan masyarakat selama jam kerja, karena nomor telepon yang digunakan itu berada di kantor Dinas Pendidikan.
“Masyarakat bisa menyampaikan langsung lokasi dan indikasi penyalahgunaan pemanfaatan dana BOS yang dilakukan pihak sekolah,” katanya.
Setiap pengaduan dari masyarakat, sebutnya, akan diproses oleh Dinas Pendidikan bersama instansi terkait seperti Inspektorat dengan melakukan peninjauan lapangan untuk mengetahui kebenarannya.
“Masyarakat yang akan memberitahu indikasi penyalahgunaan dana BOS tersebut, akan diberikan perlindungan, sejauh informasi itu benar. Jika terbukti terjadi pelanggaran, Disdik telah menyiapkan sanksi baik secara administrasi maupun sanksi hukum,” imbuhnya.
Menurut Dalius, upaya itu perlu dilakukan guna meminimalisasi bahkan menghilangkan praktik penyalahgunaan BOS yang mungkin dilakukan pihak sekolah. Selain itu, penerimaan pengaduan juga secara otomatis merangsang kepekaan masyarakat khususnya orangtua siswa dalam mengawasi penggunaan BOS di sekolah di sekitar mereka.
Upaya ini dinilai cukup efektif menghilangkan tindak penyalahgunaan BOS, karena secara langsung Disdik dapat memantau jika ada indikasi penyalahgunaan. Sekolah dapat mengoptimalkan penggunaan BOS sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dan pemanfaatannya juga tidak selalu digunakan untuk infrastruktur sekolah saja.
Dinas pendidikan Kota Padangpanjang meminta sekolah menginformasikan penggunaan dana BOS di papan pengumuman. “Sesuai Permendiknas No. 15/2011 penggunaan dana BOS untuk 13 macam kegiatan harus diumumkan di papan pengumuman,” katanya.
Kota Padangpanjang pada tahun 2012 ini mendapat alokasi dana  sebesar Rp 6,2 miliar untuk 48 sekolah, mencakup sekolah dasar (SD) dan tingkat sekolah menengah pertama (SMP) baik swasta maupun negeri.
Dari 48 sekolah tersebut, 37 di antaranya adalah SD yang terdiri dari 33 sekolah negeri dan 4 sekolah swasta dengan alokasi Rp 3,7 miliar. Sedangkan untuk tingkatan SMP 11 sekolah yang terdiri dari 6 sekolah swasta dan 5 sekolah negeri dengan jumlah dana BOS Rp 2,4 miliar. (jbc17/jbc1)





(jurnalberita.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Comments